http://www.emocutez.com http://www.emocutez.com http://www.emocutez.com http://www.emocutez.com

Radang ginjal

Sedikit share buat temen2 yang pengen tau tentang radang ginjal (glomerulonefritis). Di ambil dari beberapa sumber dan di ringkas sedimikian rupa sehingga tidak terlalu panjang untuk di baca.


~-~
Radang ginjal merupakan peradangan dan kerusakan pada alat penyaring darah dan kapiler ginjal. Rusaknya penyaring tersebut, berakibat sel darah, zat putih telur yang seharusnya tidak keluar ke dalam air seni, dapat ditemukan dalam jumlah banyak dalam air seni penderita. Pada radang ginjal akut ditandai dengan perasaan lemah, capai, tidak bersemangat, mual, tidak nafsu makan dan muntah.

Gangguan-ganggan pada ginjal seperti telah disebutkan di atas, yang belum mengalami perbaikan meskipun telah dilakukan pengobatan lambat-laun akan menggerogoti organ ginjal. Kondisi tersebut mengakibatkan fungsi ginjal sebagai penyaring darah dan membuang sampah dari dalam tubuh ke air seni menjadi terganggu dan menyebabkan sampah tertimbun dalam darah. Kondisi ini disebut dengan gagal ginjal yaitu kegagalan fungsi ginjal. Untuk itu sebaiknya lakukan pengobatan secara dini.

Radang ginjal sendiri diakibatkan oleh, antara lain kecapean, konsumsi mie instant, kopi dan makanan yang mengandung asam berlebih. Selain itu soda, kafein, nikotin  dan alkohol juga sangat berpeluang besar mengakibatkan radang ginjal. Tidur kurang dan terlalu lama duduk juga bisa mengakibatkan radang ginjal.

Rdang ginjal biasanya di tandai dengan nyeri di bagian pinggang sebelah kiri dan sering merasakan kolik. Selain itu, jika kambuh, penderita akan mengalami pusing berlebih dan demam sehingga akan sulit sekali untuk tidur.
Pencegahan :
  • Hindari pengkonsumsian makanan dengan kandungan oksalat, garam, dan protein tinggi, buah yang dikeringkan, daging dan produk olahannya, makanan yang diasinkan, makanan berlemak, minuman beralkohol dan kafein, merokok, dan lain-lain
  • Perbanyak minum air putih.
  • Lakukan olahraga secara teratur dan terukur sesuai dengan kondisi tubuh.
  • Hindari pengkonsumsian obat-obatan kimia secara berlebihan.
  • Terapkan pola hidup sehat dan teratur
Category: 2 komentar

2 komentar:

armouris mengatakan...

lagi info tentang radang ginjal di SIHAT SELALU - Radang Buah Pinggang (Glomerulonefritis)

Azu Jirazu mengatakan...

thx yaa infonya.... ^^

Posting Komentar

azu-jirazu.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.