http://www.emocutez.com http://www.emocutez.com http://www.emocutez.com http://www.emocutez.com

Panduan Untuk Pengguna Pemula Linux Ubuntu



Sebenarnya ini bukan panduan sih, cuma sekedar berbagi pengalaman bagaimana memperlakukan sebuah Ubuntu yang ada di hadapan kita :lol: Terutama buat pemula yang baru mencoba sistem operasi keren Ubuntu ini :)



  • Bila anda ingin mencoba OS Ubuntu dan aplikasi di dalamnya tanpa instalasi, restart saja komputer anda dan boot dengan CD Ubuntu (setelah file .iso hasil download dibakar ke CD). Kalau ingin menjalankan Ubuntu menggunakan USB flash disk, transfer file .iso tersebut ke flash disk menggunakan aplikasi UNetbootin.
  • Bisa install OS Ubuntu di dalam OS Windows seperti install software lainnya di dalam Windows, yaitu dengan menggunakan aplikasi Wubi (Ubuntu installer for Windows). Tapi tentunya performance Ubuntu yang diisntall dengan Wubi ini tidak maksimal seperti instalasi penuh (pada partisi tersendiri).
  • Bila telah install Ubuntu di hard disk komputer, sebaiknya lakukan update system (bila belum dilakukan saat instalasi). Klik menu System => Administration => Update Manager.
  • Install driver graphic video card agar tampilan desktop lebih menarik dan bisa menjalankan aplikasi 3D. Ubuntu akan secara otomatis mendeteksi hardware VGA card anda, silahkan aktifkan driver terbaru yang ditawarkannya. Atau bisa juga klik menu System => Administration => Additional Drivers. Setelah sukses dan selesai instalasi driver VGA card tersebut, silahkan restart komputer untuk mengaktifkannya.
  • Install beberapa software yang diperlukan, yaitu klik menu Applications => Ubuntu Software Center. Misalnya kalau saya, aplikasi wajib yang segera saya saya install biasanya adalah GIMP untuk aplikasi image editor, Inkscape untuk editor gambar vektor (seperti CorelDRAW/Illustrator), VLC (multimedia player), dan Wine (untuk menjalankan file .exe/program Windows di Ubuntu, …sebenarnya Wine ini saya gunakan hanya untuk menjalankan game jadul kesukaan saya yaitu Zuma :lol: ), dan tak lupa juga CompizConfig Settings Manager/CCSM (Advanced Desktop Effects Setting) supaya tampilan desktop lebih cihuy :D
  • Untuk memudahkan tweaking beberapa setting Ubuntu dan juga memudahkan instalasi beberapa software tambahan, bisa juga install aplikasi pihak ketiga bernama Ubuntu Tweakatau Ailurus.
  • Bila diinginkan, silahkan atur tampilannya sesuai selera, masuk ke menu System => Preferences => Appearance. Atau bisa juga dengan klik kanan pada area kosong di desktop lalu klik Change Desktop Background.
Terus apa lagi? Ya silahkan utak-atik saja sendiri :P dan dibiasakan aja pake Ubuntu sebagai OS sehari-hari. Awalnya saya buta Linux, tapi setelah belum terlalu lama pake Ubuntu akhirnya malah keenakan, dan sudah jadi OS sehari hari. Kalau pun pake OS Windows paling-paling juga untuk ambil screenshot aja (itu pun kebanyakan pake VirtualBox) kalau mau bikin review software Windows untuk bikin artikel di blog ini (yang memang hampir semuanya ngebahas software Windows), padahal softwarenya jarang yang saya pake, xixixi… :lol:
Di bawah ini screenshot desktop Ubuntu 10.10 yang sudah saya utak-atik. Berhubung saya kurang suka tema gelap, saya pake tema Radiance yang lelembut :) , lalu saya pindahkan panel bawah ke samping kiri (maksudnya biar semua akses menu dan toolbar, baik menu desktop maupun menu jendela aplikasi, semuanya kumpul di atas atau dekat2 atas, jadi nggak pindah2 ke atas/ke bawah) yg diset autohide supaya space desktop tetap lega. Terus juga setting Expo (klik menu System => Preferences => CompizConfig Settings Manager => Desktop => Expo => Expo Edge => TopLeft) biar mudah mengakses desktop workspace cukup dengan menempatkan mouse di pojok kiri atas layar.


srch : inimu.com

Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar

azu-jirazu.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.